Inilah Aturan yang Tepat dalam Penggunaan Alat Bor


Banyak peringatan mengenai jangan sembarang menggunakan alat bor, namun banyak orang yang masih mengabaikannya. Karena sebenarnya dengan membaca petunjuk pemakaian dengan seksama dan jangan sembarang menggunakan alat bor dapat menghindari kecelakaan kerja dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan Sembarang Menggunakan Alat Bor
Banyak yang menggunakan alat bor tanpa mengetahui cara pemakaian yang benar. Padahal bila unit bor digunakan dengan aksesoris yang tepat, dapat digunakan untuk mengebor metal, plastik, beton, dan lainnya. Namun jangan sembarang menggunakan alat bor, karena pemakai bertanggung penuh untuk pemakaian yang tidak sesuai dengan kegunaannya.

Beberapa aturan spesifik untuk pemakaian alat bor antara lain:

  • Gunakan pelindung pendengaran ketika menggunakan bor hammer beton
  • Gunakan handle tambahan yang yang biasanya sudah termasuk dalam unit bor
  • Jangan sembarang menggunakan alat bor sebelum membaca petunjuknya
  • Cabut colokan listrik ketika mengatur aksesoris ataupun setelah selesai pemakaian
  • Hati-hati dengan pipa air atau pipa gas, dan juga kabel listrik Jangan pegang bagian mesin yang berputar
  • Karena ada resiko bahaya tersetrum pegang alat di bagian plastik atau karet, dan jangan sembarang menggunakan alat bor
  • Hati-hati sewaktu menyekrup besi karena ada kemungkinan kepala sekrup putus
Di awal pemakaian sebaiknya periksa apakah voltase listrik sudah sesuai dengan alat, dan jangan sembarang menggunakan alat bor. Pastikan chuck mesin sudah terkunci dengan sempurna, dan sebaiknya pasang handle tambahan.

Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi antara lain terjadi pada bagian di luar housing atau cover unit seperti kabel, pegangan unit, cover aksesoris, drill chuck, dan lain-lain. Jangan sembarang menggunakan alat bor karena banyak hal yang diakibatkan kesalahan pemasangan seperti terbakar, tersambar petir atau fluktuasi tegangan listrik atau gangguan listrik dari PLN.

Kesalahan penggunaan yang tidak sesuai petunjuk tertulis yang telah diberikan oleh produsen dapat berakibat fatal. Oleh karena itu sebaiknya jangan sembarang menggunakan alat bor. Untuk meminimalisir kesalahan penggunaan, Anda disarankan memilih alat mesin bor yang perlengkapannya lengkap seperti Swiss Military Drill.

0 Response to "Inilah Aturan yang Tepat dalam Penggunaan Alat Bor"

Post a Comment